Install GNOME 3 di Ubuntu

Pada awalnya memang belum tertarik untuk install GNOME 3 di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Namun memang Unity terasa kurang memuaskan, selain mungkin karena tidak biasa dengan list menu disebelah kiri. Tampilannya juga terasa sangat berbeda dan saya rasa juga kurang bagus dan menarik. Menarik meski sudah lama mendengar bahwa GNOME versi 3 sudah dikeluarkan namun ketika melongok ke situs Gnome.org belum ada download GNOME 3 untuk Ubuntu selain untuk Opensuse dan Fedora, yang pada rilis terbarunya secara default memakai GNOME 3 sebagai dekstopnya. Dan nanti pun ketika GNOME 3 tidak memuaskan pastinya ada cara mudah untuk mengembalikan ke Unity, ataupun kembali lagi ke GNOME klasik yang sudah biasa dan meski sederhana namun nyaman.
Pada awal rilis GNOME 3 memang sudah terbersit untuk memakainya namun karena saat itu website GNOME 3 down dan hanya bisa melihat postingnya di youtube.com: http://youtu.be/QSuRy7TRHPc
Akhirnya setelah bosan bener maka di terminal segera merapal mantera untuk mengubah tampilan Unity menuju GNOME 3, dengan menginstall GNOME 3 via terminal:
  1. sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3
  2. sudo apt-get update
  3. sudo apt-get upgrade
  4. sudo apt-get install gnome-shell
  5. sudo apt-get remove gnome-accessibility-themes
  6. sudo apt-get install gnome-themes-standard
Meskipun GNOME 3 di Ubuntu Natty Narwhal masih dianggap kontroversial, namun untuk mencoba dan install GNOME 3 bukan menjadi masalah karena toh ini software opensource yang memang bisa dan diijinkan untuk diubah menyesuaikan dengan kesukaan sendiri. Nah mantera install GNOME 3 tweak adalah:
sudo apt-get install gnome-tweak-tool
Jika ingin menghilangkan kembali GNOME 3 mantera di terminal adalah:
sudo ppa-purge ppa:gnome3-team/gnome3

0 komentar:

Posting Komentar

 

aku pasti bisa © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers